Most Recent

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN




 
39
 
   
         Hasil Penelitian
Sebelum penelitian dilaksanakan, terlebih dahulu peneliti menentukan materi dan menyusun rencana pembelajaran, soal uji coba, lembar kerja siswa (LKS), lembar observasi untuk mengetahui aspek afektif atau keterlibatan belajar siswa. Berdasarkan hasil survei dan diskusi dengan guru mata pelajaran maka  materi yang dipilih adalah pemantulan cahaya. Hasil penelitian merupakan hasil studi lapangan untuk memperoleh data dengan teknik tes setelah dilakukan suatu pengajaran yang berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka hasil penelitian terdiri atas:
4.1.1. Analisis Tahap Awal
Pada analisis tahap awal hanya dilakukan uji homogenitas. Hal ini dilaksanakan karena uji homogenitas digunakan untuk menentukan kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk menentukan tingkat homogenitas kelas maka nilai ujian akhir semester I dari kelas VIII-A sampai VIII-C diolah dan masing-masing dicari variansnya. Pada uji homogenitas kali ini digunakan rumus uji kesamaan dua varians. Jika seluruh kelas dinyatakan homogen, maka peneliti dapat mengambil kelas manapun yang akan dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil perhitungan di dapatkan data yang disajikan dalam tabel 4.1.


41
 
 
Tabel 4.1. Hasil analisis nilai ujian akhir semester
Kelas
Rata-rata
Varians
VIII-A
78,94
11,42
VIII-B
78,41
14,83
VIII-C
76,24
17,81

Dari perhitungan dengan rumus  diperoleh Fhitung = 1.5605 dan    Ftabel = 2,7445 dengan taraf kesalahan 5% . Dengan demikian Fhitung < Ftabel maka data seluruh kelas VIII mempunyai varians yang sama (homogen). Oleh karena itu, peneliti bebas menentukan kelas yang akan dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas yang terpilih untuk dijadikan kelas eksperimen adalah kelas VIII-A dan untuk kelas kontrolnya adalah kelas VIII-B. perhitungan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 8.
4.1.2 Analisis Uji Coba Soal
            Analisis uji coba soal ini digunakan untuk mengetahui validitas soal, realibilitas soal, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal sehingga soal yang digunakan benar-benar dapat mengukur apa yang seharusnya diukur, dapat menghasilkan data yang sama jika digunakan pada waktu yang berbeda, dan dapat dapat mengetahui tingkat pemahaman siswa yang tinggi, sedang, maupun rendah. Hasil analisis soal uji coba  dapat dilihat  pada lampiran 6.
4.1.3 Validitas Soal
Berdasarkan perhitungan validitas soal dengan rumus korelasi product moment, maka dari 40 soal yang diujicobakan diperoleh rhitung, kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan  =  5% dan n = 30 diperoleh rtabel = 0,361. Soal dinyatakan valid jika rhitung > rtabel dan soal dinyatakan tidak valid jika    rhitung < rtabel. Perhitungan validitas ini dilakukan pada masing-masing butir soal. Hasil perhitungan validitas dapat dilihat pada tabel 4.2 sebagai berikut :
Tabel 4.2 Hasil uji validitas soal uji coba
Uji Validitas
Nomor Soal
Jumlah Soal
Valid
6, 7, 9, 12, 13, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 22, 23, 24, 25, 26, 27, 30, 31, 32, 34, 35, 36,37, 38, 39, 40,
27
Tidak Valid
1, 2, 3, 4, 5, 8, 10, 11, 14, 21, 28, 29, 33
13
Jumlah
40

Ketidakvalidan pada beberapa soal tersebut terjadi karena siswa menjawab dengan cara menebak. Hal ini disebabkan karena siswa kurang menguasai konsep cahaya dan ada beberapa soal yang terlalu sukar untuk dikerjakan. Hasil Perhitungan selengkapanya dapat dilihat pada lampiran 6.
4.1.4 Realibilitas Soal
Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan rumus KR 21 terhadap soal uji coba dengan taraf signifikan 5% dan n = 30,  diperoleh hasil bahwa rhitung = 0,819 sedangkan rtabel = 0,361. Soal dikatakan reliabel jika
rhitung > rtabel, dan pada perhitungan juga didapatkan hasil bahwa 0,819 > 0,361 atau dapat dituliskan rhitung > rtabel  sehingga  soal-soal yang diujicobakan reliabel. Hasil Perhitungan selengkapanya dapat dilihat pada lampiran 6.
4.1.5 Taraf Kesukaran
Perangkat tes yang baik adalah perangkat tes yang memiliki tingkat kesukaran seimbang, artinya perangkat tes tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sukar. Dari 40 soal yang diujicobakan, ada yang termasuk dalam kategori sukar, sedang, dan mudah. Hasil Perhitungan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 6. Tingkat kesukaran soal dapat dilihat pada tabel  4.3.
Tabel 4.3. Taraf kesukaran soal uji coba
Tingkat Kesukaran
Nomor Soal
Jumlah Soal
Mudah
1, 3, 5, 8,14, 19, 24, 32, 33, 34, 40
11
Sedang
2, 6, 7, 12, 13, 15, 17, 18, 20, 23, 25, 26, 28, 29, 30, 31, 35, 36, 37, 38, 39
21
Sukar
4, 9, 10, 11, 16, 21, 22, 27
8
Jumlah
40

4.1.6 Daya Pembeda
Daya pembeda soal digunakan untuk membedakan antara siswa yang berkemampuan tinggi dengan siswa yang berkemampuan rendah. Dari 40 soal yang diujicobakan, terdapat daya pembeda yang termasuk kategori jelek, cukup, baik dan baik sekali. Hasil perhitungan dapat dilihat pada lampiran 6. Hasil perhitungan daya pembeda disajikan pada tabel  4.4.
Tabel 4.4. Daya pembeda soal uji coba
Daya Pembeda
Nomor Soal
Jumlah Soal
Jelek
3, 5, 8, 9, 10, 11, 14, 19, 21, 29, 33
11
Cukup
7, 12, 15, 16, 17,  20, 22, 24, 27, 30, 31, 32, 34, 37, 38, 
16
Baik
6, 13, 23, 25, 26, 35, 36, 40
8
Baik Sekali
39
1
negatif
1, 2, 4, 28,
4
Jumlah
40

4.1.7 Penentuan Instrumen
Berdasarkan perhitungan dan hasil analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal uji coba, maka soal yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal yang dinyatakan valid, mempunyai daya pembeda dengan kriteria cukup, baik atau baik sekali, dan reliabel. Adapun untuk taraf kesukaran soal dilihat komposisinya antara soal yang sukar, sedang dan mudah. Soal yang digunakan dalam penelitian ini adalah dapat dilihat pada tabel 4.5.
Tabel 4.5. Soal yang digunakan dan tidak digunakan
Jenis Soal
Nomor Butir Soal/ Kriteria
Digunakan
Tidak Digunakan
Pilihan Ganda
13, 15, 16, 17, 18, 20, 22, 23, 24,25,  27, 30,31, 32, 34, 35, 36, 38, 39, 40
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 14, 19, 21, 26, 28,29, 33, 37
Jumlah
20
20

4.1.8    Hasil Belajar Kognitif
Hasil belajar siswa pada ranah kognitif selama penelitian mencakup hasil belajar siswa pada saat mengerjakan soal-soal tertulis yaitu soal pretest dan posttest. Hasil selengkpnya dapat dilihat pada lampiran 27 dan 28. Hasil belajar kognitif ini dapat dilihat pada tabel 4.6
Keterangan
Kelas Eksperimen
Kelas Kontrol
Pretest
Posttest
Pretest
Posttest
Rata-rata
Varians
Simpangan Baku
49,84
87,88
9,37
80,94
95,87
9,79
48,28
84,85
9,21
76,72
63,89
7,99
     
Data hasil belajar kognitif siswa disajikan pada gambar 4.1.

                  Gambar 4.1 Hasil belajar kognitif siswa
4.1.9 Analisis Pemahaman Konsep
Analisis pemahaman konsep dilakukan untuk mengetahui seberapa pemahaman konsep siswa dari hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam uji pemahaman konsep rumus yang digunakan adalah berapa persen siswa mengetahui konsep yang dipelajari dan dilihat dari hasil post test. Hasil perhitungan analisis pemahaman konsep siswa dapat dilihat pada lampiran 29 dan 30. Hasil belajar pemahaman konsep siswa disajikan dalam tabel 4.7.
Tabel 4.7 Hasil belajar pemahaman konsep siswa
keterangan
Kelas Eksperimen
Kelas Kontrol
Pemahaman Konsep
80,94 %
76,7 %
Kriteria
Paham
Paham

4.1.10  Analisis Peningkatan Pemahaman Konsep
Uji peningkatan hasil belajar dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam uji peningkatan hasil belajar rumus yang digunakan adalah uji gain. Uji gain ini dilihat dari hasil pretest dan posttest yang didapat siswa. Hasil perhitungan peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat pada lampiran 33 dan 34. Hasil peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat pada tabel 4.8.
Tabel 4.8 Peningkatan pemahaman konsep siswa
keterangan
Kelas Eksperimen
Kelas Kontrol
Peningkatan
Pemahaman konsep
62 %
55 %
Kriteria
sedang
sedang


4.1.11 Hasil Belajar Afektif
Hasil belajar afektif mencakup hasil belajar siswa mengenai sikap dan keterlibatan belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Pada penelitian ini, pembelajaran berlangsung 5 kali pertemuan, namun untuk mendapatkan hasil belajar afektif dilakukan observasi sebanyak 3 kali untuk peremuan yang 2 kali digunakan untuk mengerjakan soal pretest dan posttest sehingga tidak dilakukan penilaian afektif. Perhitungan hasil belajar afektif  dapat dilihat pada lampiran 23 dan 24. Hasil belajar afektif disajikan pada tabel 4.9.
Tabel 4.9 Hasil belajar afektif siswa
Kategori
K. Eksperimen
K. Kontrol
I
II
III
I
II
III
Kehadiran
Memperhatikan
Tanggung jawab
Mengemukakan pendapat
Kerjasama kelompok
90
58
70
51
73
95
77
71
70
80
98
80
74
73
86
84
56
66
52
75
93
76
70
70
80
93
78
71
71
84

            Dari hasil belajar afektif siswa kemudian dibuat dalam diagram yang disajikan dalam gambar 4.2


Gambar 4.2 Hasil belajar afektif siswa
4.1.12    Uji Normalitas
Sebelum menguji hipotesis yang diajukan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data pada variabel penelitian. Tujuan dilakukannya uji normalitas ini adalah untuk menentukan jenis statistik yang digunakan dalam pengujian hipotesis. Jika data terdistribusi normal maka pada pengujian hipotesis menggunakan statistik parameteris, namun jika data tidak terdistribusi normal maka menggunakan statistik nonparametris. Untuk menguji kenormalan data dari sampel digunakan uji chi-kuadrat. Nilai yang digunakan untuk uji normalitas ini adalah nilai posttest hasil evaluasi ranah kognitif.
4.1.12.1  Kelas Eksperimen
Berdasarkan perhitungan uji normalitas dari kelas eksperimen setelah diberikan  pembelajaran menggunakan bahan ajar dengan media simulasi diperoleh  rata-rata kelas sebesar 80,94 dan varians 95,73. Dari pemilihan α= 5% dan derajat kebebasan (dk) = 6-1 = 5, diperoleh c2tabel sebesar 11,070 dan c2hitung sebesar 10,618. Data tersebut menunjukkan bahwa c2hitung < c2tabel artinya data yang diperoleh berdistribusi normal. Jadi kelas eksperimen berdistribusi normal dan teknik statistik yang digunakan untuk perhitungan hipotesisnya adalah statistik parametris. Perhitungan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 31.
4.1.12.2 Kelas Kontrol
Berdasarkan perhitungan uji normalitas dari kelas kontrol setelah diberikan  pembelajaran menggunakan bahan ajar dengan buku teks pelajaran diperoleh  rata-rata kelas sebesar 76,72 dan varians 63,89. Dari pemilihan α= 5% dan derajat kebebasan (dk) = 6-1 = 5, diperoleh c2tabel sebesar 11,070 dan c2hitung sebesar 9,891. Data tersebut menunjukkan bahwa c2hitung < c2tabel artinya data yang diperoleh berdistribusi normal. Jadi kelas eksperimen berdistribusi normal dan teknik statistik yang digunakan untuk perhitungan hipotesisnya adalah statistik parametris. Perhitungan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 32.
4.1.13    Uji Hipotesis
Uji Hipotesis ini dilakukan untuk menguji keefektifan penggunaan bahan ajar dengan media simulasi pada kelas eksperimen dan penggunaan bahan ajar dengan buku teks pelajaran pada kelas kontrol
Hipotesis  I
H0 : Rata-rata hasil belajar menggunakan bahan ajar dengan media simulasi lebih besar atau sama dengan 75
Ha : Rata-rata hasil belajar menggunakan bahan ajar dengan media simulasi lebih kecil dari 75
Perhitungan uji hipotesis I ini menggunakan uji t-test pihak kiri. H0 diterima jika thitung >- ttabel. Jumlah siswa pada kelas eksperimen adalah 32 siswa sehingga dk = n-1= 31 dan α  =5% maka ttabel = 1,6967.
Pada perhitungan hasil belajar kognitif, didapatkan nilai thitung = 3,35 sehingga thitung > -ttabel, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Jadi rata-rata hasil belajar menggunakan bahan ajar dengan media simulasi lebih besar atau sama dengan 75. Perhitungan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 36.
Hipotesis II
H0  : Hasil belajar menggunakan bahan ajar dengan media simulasi lebih baik atau sama dengan dari hasil belajar menggunakan buku teks pelajaran pada pokok bahasan pemantulan cahaya.
Ha : Hasil belajar menggunakan bahan ajar dengan media simulasi tidak lebih baik dari  hasil belajar menggunakan buku teks pelajaran pada pokok bahasan pemantulan cahaya.
Perhitungan uji hipotesis II ini menggunakan uji t-test pihak kiri. H0 diterima jika thitung >- ttabel. Jumlah siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 32 siswa sehingga n1 = n2. Dengan dk = n1+n2-2 = 32+32-2 = 62 dan
α  =5% maka ttabel = 1,67053.
Pada perhitungan hasil belajar kognitif, didapatkan nilai thitung = 0,362 sehingga thitung < -ttabel, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Jadi hasil belajar kognitif siswa menggunakan bahan ajar dengan media simulasi lebih baik atau sama dari hasil belajar menggunakan bahan ajar dengan buku teks pelajaran. Perhitungan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 36.
4.1.14                        Uji Ketuntasan Hasil Belajar
Uji  ini dilakukan untuk menguji ketuntasan hasil belajar penggunaan bahan ajar dengan media simulasi pada kelas eksperimen dan penggunaan bahan ajar dengan buku teks pelajaran pada kelas kontrol. Seorang siswa dikatakan tuntas belajar apabila siswa tersebut telah mencapai nilai KKM yaitu telah mencapai daya serap lebih dari/sama dengan 75. Berdasarkan perhitungan ketuntasan hasil belajar untuk kelas eksperimen adalah 84,3 % dan untuk kelas kontrol adalah 71,8%. Perhitungan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 35.
4.2  Pembahasan
Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Tambakromo dengan mengambil populasi siswa kelas VIII semester genap tahun ajaran 2012/2013, kelas VIII terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, dan VIII C. Daru kelas tersebut dipilih dua kelas sebagai kelas sampel, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut dipilih dengan teknik simple random sampling yaitu teknik mengambil dua kelas secara acak dari populasi dengan syarat populasi tersebut bersifat homogen.
Sebelum melakukan penelitian, peneliti melakukan observasi di tempat penelitian. Pada observasi ini peneliti melakukan wawancara dengan guru fisika kelas VIII serta beberapa siswa kelas VIII dan IX. Wawancara yang peneliti lakukan dengan guru yaitu mengenai pembelajaran yang biasa dilakukan, kemampuan siswa, dan sikap siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Wawancara dengan siswa mengenai tanggapan siswa terhadap pembelajaran fisika selama ini yang telah dilakukan. Dari pengakuan beberapa siswa pembelajaran fisika yang biasa dilakukan dengan metode ceramah, siswa juga kurang paham dengan materi yang disampaikan guru, jarang melakukan praktikum, materi fisika yang diajarkan tersebut sulit, dan belum adanya penggunaan media pembelajaran seperti PPT, media simulasi, dan media yang lainnya dalam pembelajaran.
Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan belajar mengajar ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Kerumitan bahan yang disampaikan  kepada anak didik dapat disederhanakan dengan bantuan media. Media dapat mewakili apa yang kurang mampu guru ucapkan melalui kata-kata atau kalimat tertentu. Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebagaimana yang dikatakan Hamalik (2007) pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
Setelah melakukan observasi, peneliti menyusun strategi pembelajaran yang tepat dan instrumen- instrumen yang akan digunakan dalam penelitian. Pada kelas eksperimen peneliti melakukan pembelajaran menggunakan bahan ajar dengan media simulasi sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran menggunakan bahan ajar dengan buku teks pelajaran. Setelah menyusun instrument, peneliti melakukan ujicoba soal pada siswa lain yang sudah menerima materi pemantulan cahaya yaitu pada kelas IX. Ujicoba soal ini dilakukan untuk mendapatkan soal yang memenuhi kriteria soal yang baik yaitu valid, reliabel, taraf kesukaran bervariasi, dan daya pembeda cukup, baik, maupun sangat baik.
Kegiatan pembelajaran diawali dengan pretest pada kedua kelas dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan. Selanjutnya pada kelas eksperimen melakukan pembelajaran yang diawali dengan pendahuluan sebelum masuk kemateri. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan simulasi pemantulan dengan Crocodile Physich. Siswa bergantian untuk melakukan simulasi setelah itu siswa melakukan diskusi mengerjakan soal yang yang terdapat pada LKS. Kemudian siswa mempresentasikan hasil diskusi dan guru memperjelas menggunakan bahan ajar dengan media simulasi. Setelah itu menyimpulkan bersama-sama hasil dari pembelajaran.
Pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan bahan ajar buku teks pelajaran  dengan metode ceramah dan demonstrasi. Pada dasarnya pembelajaran hampir sama yang membedakan untuk kelas kontrol menggunakan demonstrasi  dan untuk memperjelas diskusi menggunakan penjelasan guru dari buku teks pelajaran.
Setelah proses pembelajaran selesai, kedua kelas tersebut diberi posttest untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep. Selain kemampuan pemahaman konsep, peneliti juga menilai aspek keterlibatan belajar siswa dengan dibantu dua orang observer selama proses pembelajaran berlangsung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keterlibatan belajar siswa  pada kelas eksperimen menggunakan bahan ajar dengan media simulasi dan kelas kontrol menggunakan bahan ajar dengan buku teks pelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada peningkatan  yang lebih tinggi pada pemahaman konsep dan keterlibatan belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan bahan ajar dengan media simulasi dibandingkan dengan kelas kontrol menggunakan bahan ajar dengan buku teks pelajaran.
Mengacu pada tujuan penelitian yang hendak dicapai dan dari hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa untuk aspek kognitif rata-rata skor pre-test siswa yang diajar menggunakan bahan ajar dengan media simulasi 49,84 sedangkan untuk rata-rata skor post-test sebesar 80,94. Siswa yang diajar  menggunakan bahan ajar dengan buku teks pelajaran memiliki rata-rata skor pre-test sebesar 48,28, sedangkan untuk rata-rata skor post-test sebesar 76,72. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada kelas eksperimen adalah 84,3%  dan pada kelas kontrol 71,8%.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   
Aspek afektif atau keterlibatan belajar siswa rata-rata skor siswa menggunakan bahan ajar dengan media simulasi mengalami peningkatan yang diuji dengan uji gain untuk kehadiran mengalami peningkatan sebesar 0,80, memperhatikan 0,52, tanggung jawab 0,13, mengemukakan pendapat 0,45, dan kerjasama kelompok 0,48, sedangkan untuk kelas kontrol untuk kehadiran 0,56, memperhatikan 0,50, tanggung jawab 0,14, mengemukakan pendapat 0,13, dan kerjasama kelompok 0,36.
Berdasarkan analisis data diatas menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar dengan media simulasi lebih tinggi dari rata-rata skor siswa yang diajar menggunakan bahan ajar dengan buku teks pelajaran. Hal ini dikarenakan pada pembelajaran menggunakan bahan ajar dengan media simulasi siswa tertarik dengan media yang digunakan sehingga siswa termotivasi untuk memperhatikan dan terfokus pada pembelajaran. Dengan simulasi, materi yang sulit dapat disederhanakan sehingga mudah dipahami siswa ini sesuai dengan pendapat Arsyad (2011) dengan simulasi materi yang kompleks dapat ditata menjadi pelajaran yang mudah dipahami oleh siswa . Oleh sebab itu kemampuan kognitif siswa berkembang selama pembelajaran ini dibuktikan dengan peningkatan uji gain sebesar 62 % dan untuk peningkatan uji gain kelas kontrol sebesar 55 % yang tergolong sedang.  Hasil belajar afektif  yang didapat pada kelas eksperimen hanya unggul sedikit dari kelas kontrol tetapi ada peningkatan dari setiap pertemuan walaupun kurang berkembang maksimal. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh McKagan ( 2008 ) yaitu penggunaan media simulasi komputer pada mekanika kuantum dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas mahasiswa dan hasil penelitian yang dilakukan oleh Finkelstein (2005) penggunaan teknologi dalam pembelajaran fisika ( Physics Education Technology/Phet) lebih produktif dibandingkan dengan metode tradisional seperti ceramah.
Sebelum menguji hipotesis yang diajukan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data pada variabel penelitian. Tujuan dilakukannya uji normalitas ini adalah untuk menentukan jenis statistik yang digunakan dalam pengujian hipotesis. Jika data terdistribusi normal maka pada pengujian hipotesis menggunakan statistik parameteris, namun jika data tidak terdistribusi normal maka menggunakan statistik nonparametris. Untuk menguji kenormalan data dari sampel digunakan uji chi-kuadrat. Nilai yang digunakan untuk uji normalitas ini adalah nilai posttest hasil evaluasi ranah kognitif.
Berdasarkan perhitungan uji normalitas dari kelas eksperimen setelah diberikan  pembelajaran menggunakan bahan ajar dengan media simulasi diperoleh  rata-rata kelas sebesar 80,94 dan varians 95,73. Dari pemilihan α= 5% dan derajat kebebasan (dk) = 6-1 = 5, diperoleh c2tabel sebesar 11,070 dan c2hitung sebesar 10,618. Data tersebut menunjukkan bahwa c2hitung < c2tabel artinya data yang diperoleh berdistribusi normal. Jadi kelas eksperimen berdistribusi normal dan teknik statistik yang digunakan untuk perhitungan hipotesisnya adalah statistik parametris.
Berdasarkan perhitungan uji normalitas dari kelas kontrol setelah diberikan  pembelajaran menggunakan bahan ajar dengan buku teks pelajaran diperoleh  rata-rata kelas sebesar 76,72 dan varians 63,89. Dari pemilihan α= 5% dan derajat kebebasan (dk) = 6-1 = 5, diperoleh c2tabel sebesar 11,070 dan c2hitung sebesar 9,891. Data tersebut menunjukkan bahwa c2hitung < c2tabel artinya data yang diperoleh berdistribusi normal. Jadi kelas eksperimen berdistribusi normal dan teknik statistik yang digunakan untuk perhitungan hipotesisnya adalah statistik parametris.
Menurut uji hipotesis I, pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar lebih dari atau sama dengan 75 diterima, Perhitungan uji hipotesis I ini menggunakan uji t-test pihak kiri. H0 diterima jika thitung >- ttabel. Jumlah siswa pada kelas eksperimen adalah 32 siswa sehingga dk = n-1= 31 dan α  =5% maka diperoleh
ttabel = 1,69. Pada perhitungan hasil belajar kognitif, didapatkan thitung = 3,35 sehingga thitung > -ttabel, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Jadi rata-rata hasil belajar menggunakan bahan ajar dengan media simulasi lebih besar atau sama dengan 75 dan peningkatan uji gain sebesar 62%. Pada kelas eksperimen dengan memanfaatkan bahan dengan media simulasi lebih efektif dari pada pembelajaran menggunakan buku teks pelajaran. Untuk sebab-sebabnya sudah diutarakan pada paragraf sebelumnya.
Pembelajaran menggunakan bahan ajar dengan media simulasi pada kelas eksperimen dan pembelajaran menggunakan buku teks pelajaran pada kelas kontrol dilaksanakan dalam tiga pertemuan dan ditambah dua kali pertemuan  untuk menyelesaikan soal pretest  dan soal  posttest . Pada awalnya pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami sedikit hambatan. Pembelajaran yang baru ini bagi siswa membutuhkan waktu untuk proses penyesuaian. Tetapi selama prosesnya pembelajaran yang diberikan terlihat cukup menarik bagi siswa. Kesulitan pertama yaitu mengkondisikan kelas, tetapi seiring berjalannya waktu kesulitan tersebut sedikit demi sedikit bisa teratasi.
Pada awalnya siswa masih merasa canggung sehingga pembelajaran yang berbentuk diskusi dan simulasi sederhana kurang mencapai hasil yang maksimal. Keseganan siswa untuk bertanya kepada guru juga menjadi salah satu faktor yang menghambat penangkapan materi. Kerjasama kelompok juga masih kurang pada saat pembelajaran yang pertama kalinya. Hal ini tidak hanya dirasakan pada kelas eksperimen, tetapi juga pada kelas kontrol juga. Pada saat pembelajaran siswa sedikit demi sedikit mulai memahami materi yang disampaikan oleh guru.
Selama penelitian, pada pembelajaran pokok bahasan cahaya yang mencakup pemantulan cahaya pada cermin datar dan cermin lengkung dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Dari ketiga kali pertemuan ini dilakukan observasi sebanyak tiga kali. Observasi ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam ranah afektif. Observer pada penelitian ini ada dua orang untuk masing-masing kelas yaitu Ernawati dan Ahmad Ansori. Satu kelas dibagi menjadi VIII kelompok dan masing-masing beranggotakan 4 orang karena satu kelas ada 32 siswa. Hal ini berlaku pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada saat melakukan observasi terjadi pembagian tugas. Observer I mengobservasi kelompok I-IV sedangkan observer II mengobservasi kelompok V-VIII. Hal ini dilaksanakan untuk mempermudah pengambilan data nilai siswa.  
Pembelajaran yang berlangsung disesuaikan dengan RPP yang telah disiapkan sebelumnya. Pembuatan RPP ini juga disesuaikan dengan silabus. Instrumen pembelajaran ini yang digunakan dalam penelitian adalah LKS. LKS ini digunakan sebagai panduan pada saat siswa melaksanakan praktikum. Di dalam LKS tersebut juga terdapat beberapa pertanyaan mengenai konsep, materi, dan yang baru saja dilaksanakan. LKS ini diberikan pada masing-masing kelompok kemudian kelompok tersebut melaksanakan praktikum sederhana, mendiskusikan hasilnya, dan mempresentasikannya di depan kelas. Dalam penelitian ini, masing-masing kelompok baik dari kelas eksperimen  dan kelas kontrol melaksanakan 3 praktikum sederhana yaitu pemantulan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar dengan media simulasi dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterlibatan belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa mulai mengalami kenaikan setelah beberapa kali pembelajaran dengan kompetensi dasar yang berbeda. Namun hal itu tidak berlaku pada semua aspek karena ada beberapa aspek ada yang tetap dan ada yang turun walaupun tidak seberapa besar. Berdasarkan hasil analisis data,  jika digeneralisasikan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar akan lebih optimal jika antara guru, media yang digunakan, dan siswa terjadi interaksi sehingga terjadi hubungan yang kuat dalam proses belajar.


HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Reviewed by joko susanto on 15.17 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Flickr Widget

Diberdayakan oleh Blogger.