Pembelajaran merupakan terjemahan dari kata “instruction” yang dapat berarti self instruction (dari internal) dan external instruction (dari eksternal). Pembelajaran yang bersifat eksternal
antara lain datang dari guru yang disebut teaching
atau pengajaran.
Menurut Sugandi (2008:9), beberapa teori
belajar mendiskripsikan pembelajaran sebagai berikut:
a.
Usaha guru membentuk tingkah laku yang diinginkan
dengan menyediakan lingkungan, agar terjadi hubungan stimulus (lingkungan)
dengan tingkah laku pembelajar. (Behavioristik)
b.
Cara guru memberikan kesempatan kepada pembelajar untuk berpikir agar memahami
apa yang dipelajari. (Kognitif)
c.
Memberikan kebebasan kepada pembelajar untuk memilih bahan pelajaran
dan cara mempelajarinya sesuai dengan minat dan kemampuannya. (Humanistik)
Pembelajaran yang
berorientasi bagaimana pembelajar berperilaku memberikan makna bahwa pembelajaran merupakan
suatu kumpulan proses yang bersifat individual, yang merubah strimuli dari
lingkungan seseorang kedalam sejumlah informasi, yang selanjutnya dapat
menyebabkan adanya hasil belajar dalam bentuk ingatan jangka panjang. Hasil belajar itu memberikan kemampuan
kepada pembelajar untuk melakukan berbagai penampilan. Gagne dalam Sugandi
(2008 : 9)
Pembelajaran juga dapat
didefinisikan sebagai suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur
manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling
mempengaruhi dalam mencapai tujuan pembelajaran (Hamalik, 2007 : 57). Jadi
dalam melaksanakan pembelajaran, guru mengkombinasi beberapa hal yang saling
mempengaruhi sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Jika
terdapat beberapa hal tidak dimasukkan dalam proses pembelajaran, maka hasil
pembelajaran tersebut akan kurang maksimal karena belajar bukan hanya sekedar
membaca dan memahami namun juga harus dikombinasikan dengan unsur-unsur
manusiawi seperti minat, bakat, kemauan, kerja keras, dan lain sebagainya.
Ketersediaan sarana prasarana, perlengkapan, serta proses dan prosedur
pembelajaran yang baik juga dapat mempengaruhi tercapainya tujuan belajar.
Pengertian Pembelajaran
Reviewed by joko susanto
on
14.40
Rating:
Tidak ada komentar: